Asam Lambung Kambuh setelah Minum Kopi, Lihat Cara Mengatasinya

Asam Lambung Kambuh setelah Minum Kopi, Lihat Cara Mengatasinya

Asam Lambung Kambuh setelah Minum Kopi, Lihat Cara Mengatasinya

Mulai dari yang biji hingga yang bubuk, mengkonsumsi kopi menjadi sebuah tren gaya hidup oleh bermacam-macam kalangan. Menjamurnya kedai kopi di Indonesia juga meningkatkan konsumsi kopi masyarakat. “Jumlah konsumsi kopi pada tahun 2016 naik sebesar 174 persen dari tahun 2000,” kata Kevindra Soemantri, pemerhati kuliner dan gaya hidup di Jakarta Selatan. Kevin mengatakan kecuali bisa meningkatkan mood, konsumsi kopi oleh kaum urban ibu kota juga telah menjadi sebuah kancah unjuk eksistensi di sosial media. Tapi yang tak disadari yakni potensi efek kafein pada kopi. Kalau dikonsumsi secara berlebih akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan.

Asam Lambung Kambuh setelah Minum Kopi, Lihat Cara Mengatasinya

Di sisi lain, kafein juga membuat sfingter esophagus komponen bawah menjadi rileks. Sfingter esophagus merupakan jaringan otot berbentuk seperti cincin yang patut berprofesi sebagai katup agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan. Banyak info yang menganjurkan penderita mag untuk mengkonsumsi kopi non-kafein, agar terhindar dari nyeri lambung.

Kalau kita boleh bertanya, mengapa ada seorang yang memusuhi kopi dengan alasan maag namun ketika memakan rujak pedas, pempek dengan cuka yang punya keasaman tingkat tiga tidak bermasalah? padahal air netral bernilai tujuh dan pada kopi cuma berkisar di angka Lima. Kembali lagi pada stigma orang tersebut dan bagaimana metode minum dan jenis kopi yang ia minum.

Cerita lainnya:  Amankah Kopi Bagi Penderita Maag

Sebelum minum kopi cobalah untuk mengetes dahulu reaksi tubuh ketika minum kopi. Bisa dimulai dengan dosis yang sedikit, seduh kopi dengan metode manual dan jangan berlebihan dikala menikmatinya. Rekomendasi yang baik bagi penderita darah tinggi untuk tak memasukkan gula pada seduhannya.

Pilih ragam kopi Arabica
Penting untuk dikenal, kandungan kafein dari kopi Arabica lebih rendah dibandingkan tipe kopi Robusta. Selain itu kandungan acidity dari Arabica juga lebih kecil jumlahnya dibandingi tipe kopi lainnya. Kadar keasaman Arabica nilainya separo dari kopi robusta. Rendahnya kadar kafein dan keasaman dari kopi Arabica menjadikan ragam kopi ini sebagai kopi yang paling pantas untuk dirasakan oleh penderita maag. Bukan soal rasa, namun soal kandungan zat-zat yang aman bagi kesehatan lambung si penderita.

Kopi orisinil dan masih segar
Bagi penderita maag sebaiknya memilih jenis kopi yang autentik dan masih segar. Minum lah kopi dari biji kopi segar yang dihaluskan, bukan kopi instan kebanyakan yang ada di pasaran. Terpenting lagi kopi giling kiloan yang banyak mengandung campuran bahan lainnya. Kecuali kandungannya yang sudah banyak campuran, jenis kopi ini juga telah cukup lama dalam kemasan dan dapat jadi kondisinya sudah tak sehat. Oleh sebab itu, bagi penderita maag sebaiknya memilih tipe kopi orisinil dari biji kopi speciality yang bermutu. Supaya kesehatan lebih terjaga dan kandungan bijinya juga lebih gampang dicerna oleh tubuh.

Cara menyeduh kopi secara manual
Bagi penderita maag sebaiknya melaksanakan seduh kopi secara manual mengaplikasikan kertas saringan, jangan memilih metode tubruk yang lazimnya mengalami perendaman cukup lama. Filter berfungsi untuk menyeleksi karakter-karakter bagus dari kopi untuk dikonsumsi. Kecuali itu juga akan membuat kopi menjadi lebih ringan untuk dicerna karena pelaksanaan ekstraksi di kertas filter yang memakan waktu cuma sekitar 2 sampai 3 menit lamanya.

Hindari kopi yang dark roast atau kopi sangrai gelap
Kopi yang disangrai lebih lama biasanya warnanya akan semakin dark (hitam). Kondisi ini di satu sisi memang baik, merupakan sebab kian hitam progres sangrainya karenanya jumlah kafein yang ada di biji kopi tersebut akan kian rendah. Melainkan di satu sisi yang terjadi justru sebaliknya. Jumlah karbon dioksida yang ada justru meningkat. Sementara senyawa inilah yang amat ditakutkan para penderita maag dalam mengkonsumsi kopi. Jadi semakin hitam kopi tersebut, kian tak bagus untuk para penderita maag. Bagi penderita maag, sebaiknya mengkonsumsi kopi yang disangrai pada tahapan medium saja.

Jangan minum kopi tanpa makan sesuatu apapun

Bagi penderita maag, perut kosong tidak bagus untuk keadaan lambung. Terutama lagi sekiranya dalam kondisi perut kosong tersebut, Anda yang mempunyai penyakit maag mengonsumsi kopi. Khusus lagi seandainya kopinya mempunyai banyak kandungan karbon dioksida dan dari ragam kopi robusta. Karenanya bisa dipastikan penyakit maag Anda akan lantas kumat. Jadi jangan sekali-kali mengkonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong. Bukan cuma penderita maag, mereka yang sehat juga akan mendapat efek yang kurang bagus bila membiasakan hal tersebut.

Batasi jumlah mengonsumsi kopi

Dari sebagian penjelasan ini tidak ada lagi alasan bagi penderita sakit maag untuk tak bisa merasakan nikmatnya kopi. Dengan sebagian sistem tadi, Anda dapat minum kopi tanpa merasa ketakutan sebab maag yang akan kambuh.

Today.com

wikipedia.com

Klikdokter.com

Alodokter.com

tcsc-indonesia.org

Merdeka.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.