Lebih Dekat Tentang Buah Kopi Dan Cara Pengolahannya

Lebih Dekat Tentang Buah Kopi Dan Cara Pengolahannya

Banyak dari kita tidak bisa melewati hari-hari kerja yang padat tanpa hadirnya secangkir kopi. Karena memang kopi memiliki manfaat kesehatan yang beberapa diantaranya adalah penyakit parkinson, mencegah penyakit hati dan mengurangi resiko kanker. Terbukti manfaat-manfaat tersebut karena adanya dzat antioksidan dalam kopi, dan antioksidan terbanyak ada pada buah kulit kopi. Bisa jadi dzat ini meresap di biji kopi ketika pasca panen kopi sejak buah hingga menjadi kering.

Mencoba mengenal buah kopi, Kapan terjadinya buah kopi? Yaitu sebelum kopi menjadi green bean atau biji mentah. Kopi memang mengalami beberapa perubahaan nama sebelum menjadi sebuah seduhan yang nikmat. Buah kopi atau coffee cherries merupakan awal kopi siap dipanen setelah berwarna merah. Didalam buah tersebut biasanya berisi dua biji kopi yang berpasangan.

Coffee Cherries atau buah kopi merupakan sebutan kepada tanaman kopi ketika masih berada di pohon atau baru saja dipetik, hanya saja dia masih basah. Biasanya juga buah kopi ini disebut gelondong basah oleh para petani, gelondong basah ini untuk kemudian diproses sampai menjadi green bean.

buah kopi merahBerukuran sekitar 1,5cm buah kopi berkelompok di sepanjang batang tanaman kopi. Dibutuhkan waktu sekitar sembilan bulan untuk buah kopi menjadi matang berwarna merah terang atau keunguan. Setelah merah matang, mereka dipetik secara hati-hati ditinggalkan buah kopi yang masih hijau, karena saatnya nanti buah yang hijau juga akan matang sepenuhnya.

Strutur dan Kandungan Buah Kopi

Yang kita lihat sebagai biji kopi sebenarnya berasal dari buah yang bentuknya seperti ceri. Buah kopi ceri ini dberkelompok di sepanjang cabang-cabang pohon. Anatomi buah kopi tersebut terdiri dari :

  1. Exocarp (Kulit Ceri Kopi)
Cerita lainnya:  Begini Cara Petani Merawat Kopi Agar Rasanya Lebih Nikmat

Pelapis tebal terluar biji kopi mempunyai rasa pahit dan sepah.

  1. Mesocarp (kulit dan lendir)

Mesocarp juga bisa disebut dengan mucilage, lapisan lendir yang punya rasa manis.

  1. Endocarp

Endocarp atau parchment bagian ketiga yang melapisi biji kopi. Apabila lapisan ini mengering menjadi cangkang tipis yang menutupi biji kopi. Biasanya kopi bercangkang parchment dinakaman kopi gabah.

  1. Biji Kopi

Biji kopi, atau kacang, terdiri dari kulit perak, endosperm, dan embrio. Ukuran biji kopi (kacang) bervariasi; Namun, mereka rata-rata panjang 10mm dan lebar 6mm.

Proses Buah Kopi Sampai Menjadi Kering

tentang bisnis kopi
petedenison.net

Setelah buah kopi dipanen dipilih dari yang telah matang, selanjutnya dilakukan penjemuran. Kulit buah kopi yang tadinya berwarna merah lama kelaman jadi menghitam.

Buah kopi pada waktunya akan mengeras, lama waktu mengering tergantung cuaca pada saat penjemuran. Untuk proses natural rata-rata memakan waktu 50 hari penjemuran. Setelah menjadi keras buah kopi tidak lagi dinamakan gelondong basah, tetapi gelondong kering.

Untuk mengupas gelondong kering kopi digunakan huller. Sebuah mesin yang mempunyai 2 fungsi, mencacah kulit keras kopi dan meniupnya kebagian sampah. Dengan begitu biji dan kulit kopi menjadi terpisah.

Rujak Buah Kopi

Ini bukan bahasan tentang makanan atau jajanan. Tapi di sini tentang model proses penjemuran buah kopi dimana dilakukan dahulu pengupasan kulit merah sebelum dijemur. Ada yang kulitnya langsung terpisah ada juga yang bercampur satu dengan kulit basah yang dikelupas mesin menyerupai rujak.

Karena kulit pada buah kopi sudah dikelupas maka tinggal mucilage yang menempel pada biji kopi. Pada saat kering berbentuk seperti gabah. Biasa dinamakan kopi berkulit tanduk atau biji gabah.

Kopi kulit tanduk/biji gabah : Saat buah kopi dirujak telah kering

Apakah buah kopi bisa dimakan?

Melihat coffee cherries memang menyegarkan ya, rasanya seperti ingin menggigitnya layaknya buah anggur atau buah beri yang manis dan nikmat itu.  Tapi harus diingat, mencicipi buah kopi jangan saat telah kering, tetapi masih bentuk gelondong basah.

Cerita lainnya:  Budidaya Tanaman Kopi dengan Cara Stek

Jadi, pernah kamu bertanya-tanya bagaimana rasa buah kopi itu?.  Tenang,, kamu tidak perlu takut untuk mencobanya,, kulit buah kopi aman untuk kamu cicip rasanya jika kamu memakannya dengan cara yang tepat.

Bicara aroma dan rasa sangat jauh berbeda ketika kopi sudah menjadi sebuah seduhan. Kopi saat masih menjadi buah belum melewati pemanggangan yang menghasilkan rasa pahit. Namun, dari segi citarasa buah kopi setiap varietasnya punya rasa yang berbeda-beda lho. Hal yang mempengaruhi perbedaan rasa yang sangat besar adalah daerah tempat tanam, iklim dan metode budidaya yang diterapkan. Semakin tinggi tempat tanam biasanya punya rasa kulit kopi yang lebih manis.

Kualitas rasa buah kopi ditentukan dengan kematangannya. Semakin matang menjadikan jumlah mucilage (lendir), zat perekat di biji kopi, dan kandungan gula atau rasa manis semakin banyak sehingga berpengaruh pada rasa akhir seduhan kopi.buah kopi adalahUntuk mencicipi rasa coffee cherries kamu cukup mengambil buah kopi yang telah memerah. Ceri yang sudah kamu petik bisa digigit kulitnya sampai terlihat biji kopi didalamnya. Cari seberapa banyak rasa manis dan seberapa sepah didapat, semakin manis dan berlendir semakin bagus. Setelah mendapatkan rasa manis dari kulit buah kopi lepehkan ampasnya yang telah dikunyah.

Di sana ada juga varietas kopi yang tidak bisa merah, mereka telah matang sampai di warna kuning. Biasanya varietas tersebut dinamakan yellow caturra

buah kopi ceri
Ivan cruz rivera

Aroma dan Rasa Buah Kopi

Karena kopi berbuah dari pepohonan yang hidup di atas semak-semak (jika tidak dirawat rumputnya) dan sistem pembungaan silang. Rasa buah kopi adalah kerap mengikuti tanaman sekitar, mungkin karena awalnya berbentuk bunga ada sedikit rasa seperti bunga sepatu. Rasa umum yang didapat seperti semangka, manis melon, air mawar dan sepah yang unik.

Cerita lainnya:  Teknik Perawatan Kebun Kopi yang Baik

Wangi buah kopi ceri ketika sudah berkumpul mirip seperti buah-buahan namun berbau caramel yaitu seperti gula gosong. Ketika sudah dikelupas dan menjadi bubur kulit kopi, baunya tajam menimbulkan seperti alkohol yang bisa membuat seorang mabuk jika lama-lama di tempat tersebut.

Pengaruh metode budidaya kopi juga berefek pada rasa, seperti kekurangan kalsium akan lebih banyak rasa sepat dan pahit pada buah kopi.

Pengaruh paska panen buah kopi adalah kepada citarasanya

Umumnya dalam satu tahun ada satu kali panen kopi. Akan tetapi di setiap daerah waktunya berbeda menurut zona geografis. Di utara khatulistiwa panen terjadi antara bulan september dan Maret, dan di selatan khatulistiwa terjadi antara April dan Mei.

Kita bisa mengontrol citarasa dalam secangkir kopi sejak dari gelondong basah kopi. Yaitu dengan memilih metode pengolahan paska panen yang tepat. Sederhananya, semakin banyak lapisan pada buah kopi adalah apa yang ditinggalkan ke biji kopi, semakin banyak rasa buah dan manis kopi yang kamu miliki.

Contohnya saja natural proses, kamu akan mengeringkan kulit pelapis bersamaan dengan biji kopi membuat kesan winey dalam seduhan. Dengan proses honey, kamu akan menanggalkan beberapa ampas kulit kopi dan mucilage ke dalam biji kopi, kandungan gula bisa berkembang dan menjadikan rasa manis seperti madu.

tentang buah kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.