Lapak Kopi Sumatera Di Tambak Sarioso

Lapak Kopi Sumatera Di Tambak Sarioso

Lapak Kopi Sumatera Di Tambak Sarioso

Propinsi Lampung selain mempunyai kekayaan rempah-rempah, juga penghasil kopi robusta peringkat ke 4 di dunia. Ranking bergengsi hal yang demikian diukur menurut kuantiti yang dibuat. Brazil, Vietnam dan Kolombia menempati posisi di atasnya.
Kabupaten Lampung Barat yakni yang terbesar penyumbang ekspor kopi robusta. Wajar kalau ada peringatan “Bicara kopi, ingat Lampung Barat”. Lampung Barat adalah penyuplai 38 persen kopi di Lampung dan masuk 7 persen secara nasional.

Lapak Kopi Sumatera Di Tambak Sarioso

Demikian adanya kopi robusta Lampung mempunyai kekhasan cita rasa yang tersendiri dari kopi jenis serupa dari daerah lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) mayoritas dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan cuma sebagian kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, memiliki cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditi andalan Provinsi Lampung itu seharusnya juga dilestarikan sebagai salah satu warisan budaya Indonesia,” kata Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Ia menceritakan, kopi robusta Lampung seketika dicanangkan menjadi salah satu warisan kultur Indonesia.

Cerita lainnya:  AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di Teluk Betung Barat

Memilih Kopi Lampung Berkualitas

Sejatinya kopi yang mempunyai khasiat ialah kopi bermutu yang dipetik merah matang pada batang pohonnya, seumpama seperti produk produk Kopi Merah dari AKL Kopi.
Lapak Kopi Sumatera Di Tambak Sarioso,berbekal bebauan dan rasa yang ideal menjadikan Kopi Lampung memperoleh julukan sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia. Pada tahun 2009, Kopi Lampung Barat memperoleh gelar sebagai pemenang satu nasional dengan golongan kwalitas biji kopi terbaik. Tentu saja, keberhasilan ini menjadi skor tambah bagi masyarakat Lampung Barat pada terlebih untuk memproduksi kopi yang lebih baik sekaligus meningkatkan kesejahteraan mereka.
Kopi Lampung memiliki ciri yang lebih khas sehingga gampang dikenali, yaitu warnanya lebih hitam pekat, bebauan pahitnya yang kuat karena mengandung kafein paling tinggi, serta sedikit rasa asam. Kopi Lampung juga terasa lebih enak dan beraroma kuat karena dalam pelaksanaan pemupukan tidak memakai pupuk kimia dan pestisida, namun daun-daun kopi dan rerumputan yang jatuh dan tumbuh di bawahnya, dan sekali-sekali memakai pupuk sangkar dari kotoran hewan.

Cerita lainnya:  AKL Nama Kopi Lampung Terkenal di Gedung Surian

Begitulah sebagian hal yang dapat anda ketahui kaitannya dengan Kopi Lampung. Kopi ini memang termasuk dalam macam kopi yang mempunyai cita rasa dan juga aroma yang sangat kuat. Begitu lah , kopi ini juga berbeda dengan kopi-kopi pada umumnya. Kopi ini mengandung keasaman yang tepat sehingga juga cukup aman apabila diterapkan.

Lapak Kopi Sumatera Di Tambak Sarioso

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.