Air Hitam

Air Hitam

Air Hitam

Propinsi Lampung kecuali mempunyai kekayaan rempah-rempah, dan Sumber kopi robusta peringkat ke 4 di dunia. Peringkat bergengsi tersebut dievaluasi berdasarkan kuantiti yang diwujudkan. Brazil, Vietnam dan Kolombia menempati posisi di atasnya.
Kabupaten Lampung Barat adalah yang terbesar penyumbang ekspor kopi robusta. Wajar bila ada peringatan “Bicara kopi, ingat Lampung Barat”. Lampung Barat adalah penyuplai 38 persen green bean di Lampung dan masuk 7 persen secara nasional.

Air Hitam

Kopi Robusta adalah bagian dari cerita kehidupan yang tak terpisahkan dari kabupaten Lampung Barat. Ada ribuan masyarakat nya yang meneruskan kebiasaan sebagai petani pekebun kopi robusta. Mereka melewati pelbagai pergantian musim dan merasakan ragam kisah hidup di jeda~jeda ribuan batang kopi. Buah kopi juga bercerita seperti disimbolkan dalam bentuk jumlah biji kopi sebanyak 24(dua puluh empat) buah dengan daunnya 9 lembar yang bermakna tanggal 24 bulan September sebagai hari jadi kabupaten Lampung Barat.

Terminologi Robusta bersumber dari kata Robust yang berarti kuat. istilah ini memang menggambarkan kwalitas dan cita rasa kopi robusta yang memiliki keunggulan pada aroma kopinya yang kuat dan mantab. Air Hitam, Pun penggemar Kopi Lampung tulen mengungkapkan sekiranya rasa Kopi Lampung ragam Robusta cenderung berbau cokelat.
Dan faktanya bahwa 70 persen dari sempurna hasil panen Kopi di wilayah Provinsi Lampung disokong oleh perkebunan Kopi Lampung Barat ragam Robusta yang ada di areal Sumber Jaya -Liwa – Sukau – Suoh . Kopi Lampung ragam Robusta yang berasal dari Lampung Barat berkwalitas terbaik dan yaitu komoditas ekspor. Hal ini di karenakan pohon Kopi Lampung macam Robusta tumbuh pada habitat sebenarnya, yaitu ditanam di atas ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di dukung oleh iklim bukit lampung barat yang dingin serta kesuburan tanah yang tidak biasa.

Cerita lainnya:  Jual Kopi Sumatera Di Suoh

Kopi Lampung yang telah dikenal dunia, semoga seterusnya mampu menaikkan mutu jual produksi. Bisa dengan meremajakan benih, mengembangkan penemuan, mengolah dan menjual hasil panennya. Harapannya, apabila tetap kerjasama kebun hingga ke meja seduh akan melajukan kesenangan petani dan penggemar kopi.

Air Hitam

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.