Nikmatnya Kopi Nusantara Ngopi Lampung

Nikmatnya Kopi Nusantara Ngopi Lampung

Nikmatnya Kopi Nusantara Ngopi Lampung

Besar perkebunan kopi di Lampung tercatat ketika ini menempuh 160 ribu hektare (ha) atau 12,97 persen dari sempurna Besar teritori kopi nasional yang menempuh 1,24 juta ha. Kebun kopi terdapat di daerah Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Utara, Pesisir Barat, Lampung Utara, dan Waykanan. Hasil produksi beberapa diekspor ke beberapa benua Eropa, Jepang, Timur Tengah, dan Australia.
Demikian halnya ada antara 147 ribu kepala keluarga petani yang mengandalkan hidup dari perkebunan kopi. Mereka sanggup menciptakan produksi hingga 120 ribu ton per tahun. Bukan cuma bangga jadi petani, namun bagi mereka merupakan suatu kebahagiaan.

Nikmatnya Kopi Nusantara Ngopi Lampung

Demikian adanya kopi robusta Lampung memiliki keunikan cita rasa yang lain dengan kopi tipe serupa dari tempat lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) mayoritas dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan cuma beberapa kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, memiliki cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditas andalan Provinsi Lampung itu patut juga dilestarikan sebagai salah satu warisan kebiasaan Indonesia,” kata Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Ia menceritakan, kopi robusta Lampung lantas dicanangkan menjadi salah satu warisan adat istiadat Indonesia.

Cerita lainnya:  Gerai AAS, Warung Kopi Kita Lampung Paling Nikmat

Apakah Kopi Lampung Tenar?

Chief Operating Officer (COO) Starbucks Indonesia Anthony Cottan menyebutkan kopi Sumatera menjadi variasi kopi paling unggulan dan pasti ada diseluruh gerai Starbucks didunia.
Nikmatnya Kopi Nusantara Ngopi Lampung,”Kami punya kopi asal Sumatera. Lampung itu Sumatera. Jadi kopi asal Lampung masuk golongan kopi Sumatera. Starbucks diseluruh dunia hanya menyajikan tipe kopi Arabica. Nah, Lampung kebanyakan produksi kopi robusta. Memang ada, melainkan sedikit. Jadinya disatukan ke kopi Sumatera. Kopi Sumatera yang kami jual meraih penjualan tertinggi didunia. Starbucks segala dunia pasti sediakan kopi Sumatera. Kalau kau pergi ke Amerika dan Inggris, yang paling disukai itu kopi Sumatera,” kata Anthony membeberkan mengapa Kopi Lampung tidak berdiri sendiri digunakan Starbucks.
Ditanya soal Lampung, Anthony menyebut suka dengan suasana yang ditemuinya di Lampung. “Sekitar dua puluh tahun lalu aku telah pernah ke Lampung. Keadaan daerahnya menenangkan. Masyarakatnya ramah dan makanannya enak. Aku suka Lampung,” tandasnya. -saibumi.com

Kopi Lampung yang telah diketahui dunia, harapan kedepannya mampu menaikkan kwalitas jual produksi. Bisa dengan meremajakan bibit, mengoptimalkan temuan, mengolah dan memasarkan hasil panennya. Harapannya, seandainya tetap kerjasama kebun hingga ke meja seduh akan memacu kesenangan petani dan pecinta kopi.

Cerita lainnya:  Kopi Lampung Asli Sukarame

Nikmatnya Kopi Nusantara Ngopi Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.