Kopi Aas Lampung

Kopi Aas Lampung

Kopi Aas Lampung

Propinsi Lampung selain memiliki kekayaan rempah-rempah, juga penghasil kopi robusta peringkat ke 4 di dunia. Ranking bergengsi tersebut dinilai menurut kuantiti yang diwujudkan. Brazil, Vietnam dan Kolombia menempati posisi di atasnya.
Kabupaten Lampung Barat adalah yang terbesar penyumbang ekspor kopi robusta. Wajar kalau ada peringatan “Bicara kopi, ingat Lampung Barat”. Lampung Barat merupakaan penyuplai 38 persen kopi di Lampung dan masuk 7 persen secara nasional.

Kopi Aas Lampung

Demikian adanya kopi robusta Lampung memiliki keunikan cita rasa yang lain dengan kopi macam serupa dari daerah lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) lebih banyak dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan cuma beberapa kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, memiliki cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditas andalan Provinsi Lampung itu patut juga dilestarikan sebagai salah satu warisan tradisi Indonesia,” kata Pembantu Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Ia menceritakan, kopi robusta Lampung seketika dicanangkan menjadi salah satu warisan budaya Indonesia.

Cerita lainnya:  Cari Kopi Lampung Kemasan Terkini Kedamaian

Kopi Lampung Dikenal Sejajar Dengan Kopi Specialty Indonesia

Eris Susandi, yang adalah pengamat kopi dari Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) .
Menurutnya, kopi robusta Lampung sudah cukup diketahui di luar negeri, bersama kopi Aceh Gayo, Arabika Sumatera Mandailing, kopi Toraja, kopi Bali Kintamani, Kopi Flores Bajawa, Kopi Arabika Wamena, kopi Malabar, dan kopi Temanggung.
“Berdasarkan rasanya, kopi Indonesia mempunyai cita rasa yang cukup bervarian. Melainkan, modal varian rasa tak cukup untuk bersaing dengan kopi dari luar jika tak dibarengi dengan pelaksanaan penanaman, panen serta pengolahan yang bagus,” katanya.
Untuk menang di negara sendiri, menurut Eris, kopi Indonesia perlu perhatian dari pemerintah, terutama yang yang berhubungan dengan industri kopi seperti Departemen Pertanian dan Perindustrian serta Perdagangan.
“Banyak orang yang menganggap kopi luar itu baik sebab ada peran dari pemerintah untuk membantu para petani kopi untuk mewujudkan kopi dengan kwalitas terbaik. Padahal di Indonesia hal itu belum terjadi secara massif. Dari kementerian terkait kontribusinya masih sungguh-sungguh kecil,” kata Eris. -Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Penjual Kopi Lampung Di Lampung Utara AKL Lapak Kopi Lampung di Liwa - Lambar

Kopi Lampung yang telah diketahui dunia, harapan selanjutnya bisa menaikkan kualitas jual produksi. Dapat dengan meremajakan benih, mengoptimalkan temuan, mengolah dan memasarkan hasil panennya. Harapannya, seandainya konsisten kerjasama kebun sampai ke meja seduh akan melajukan kesenangan petani dan penggemar kopi.

Kopi Aas Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.