Cerita lainnya:  SMSI Resmi Jadi Konstituen Dewan Pers

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyalurkan bantuan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bantuan yang disalurkan melalui Kementerian Koperasi itu bernama Bantuan Presiden (Banpres) Produktif senilai Rp2,4 juta per UMKM.

Kepala Bidang Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandarlampung Noviana mengatakan, program pemerintah pusat itu diperuntukan terbuka untuk umum bagi pelaku UMKM di Indonesia. Pihaknya saat ini tengah mengumpulkan dan mendata para pelaku UMKM.

“Sudah banyak yang mendaftar ke kantor. Kami bukan baru seminggu ini. Kalau yang datanya sudah fiks dan dikirim ke kementerian sebanyak 100 UMKM,” katanya kepada Radar Lampung, Kamis (27/8).

Dia menyebutkan, proses registrasi dan pendataan bagi pelaku UMKM yang ingin memproleh manfaat program ini, pihaknya membuka pendaftaran hingga 7 September 2020. “Ya, kami tunggu sampai 7 September 2020,” ujarnya.

Adapun syarat pendaftaran, pelaku usaha mendatangi kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandarlampung di Mal PTSP Pemkot Bandarlampung dengan membawa: KTP, surat keterangan usaha dari kelurahan, foto usaha dan nomor rekening BRI atau BNI.

“Persyaratan itu dibawa ke kantor. Nanti, data itu akan masuk dalam data base. Secara otomatis mereka menjadi calon binaan kami. Kita akan usulkan lagi dan akan kita kirim lagi,” tandasnya. (apr/yud)

Bantuan UMKM Covid-19 UMKM UMKM Bandarlampung