Ketua Dekranasda Dorong Pengembangan Desain Fashion Khas Lampung

Ketua Dekranasda Dorong Pengembangan Desain Fashion Khas Lampung

Ketua Dekranasda Dorong Pengembangan Desain Fashion Khas Lampung

Ketua Dekranasda Dorong Pengembangan Desain Fashion Khas Lampung

Newwslampungterkini.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal dorong pengembangan desain fashion dengan memanfaatkan budaya lokal dan khas Provinsi Lampung.

Hal tersebut disampaikan Riana saat mengikuti Talkshow Fashion Hijab dengan tema Trend Fashion Hijab sebagai Peluang Bisnis, secara virtual di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Sabtu (5/9/2020).

Talkshow ini dimoderatori oleh Nycta Gina dengan narasumber yakni Diajeng Lestari (CEO HIJUP.com) dan Neera Alatas (Desainer).

Pada kesempatan itu, Riana menampilkan kain tapis Lampung yang dikreasikan dalam bentuk masker dan tas.

Baca Juga :   Datang Ke KPU Eva Dwiana-Dedi Amarullah Disambut Pendukungnya

Diharapkan para desainer muda untuk juga bisa mengangkat kerajinan khas daerah Lampung tersebut yang dikreasikan menjadi fashion termasuk hijab.

“Ini sekaligus sebagai upaya menggali dan melestarikan khazanah budaya dan kerajinan daerah Lampung. Saya berbangga apabila para desainer muda ini mau mengangkat kerajinan Provinsi Lampung yaitu tapis,” ujar Riana.

Cerita lainnya:  Anna Morinda Raih Dua Prestasi Nasional di Sekolah Calonkada

Riana menjelaskan fashion juga menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang sangat potensial untuk berkembang pesat di Provinsi Lampung saat ini.

Menurutnya, tapis ini bisa menjadi peluang untuk dikembangkan sekaligus dikenal masyarakat luas melalui bidang fashion.

Baca Juga :   Gubernur Lampung Ikuti Pengarahan Presiden : Hadapi Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Ditambah lagi selain tapis, Provinsi Lampung juga memiliki berbagai kerajinan khas lainnya seperti batik sembage, sulam usus, celugam dan lainnya.

“Kedepannya para desainer muda bisa menggarap dan memaksimalkan tapis ini sehingga tapis lebih disenangi oleh masyarakat luas baik nasional bahkan internasional,” katanya.

Riana menjelaskan kain tapis ini juga bisa dikenakan oleh semua kalangan usia termasuk anak muda.

“Kain tapis ini juga bisa dimodifikasi sehingga bisa digunakan anak-anak muda.  Sekarang dengan kemajuan teknologi, bahan bisa jadi lebih halus, lebih adem dan enak dipakai. Ini bisa menjadi pakaian yang nyaman dan berkelas,” ujarnya.

Baca Juga :   IPDN Penelitian di Tulang Bawang
Cerita lainnya:  Imbas Kasus Suap PUPR Lampung Utara, Kopiah Siger di Kantor Dinas Miring

Melalui talkshow tersebut, Riana berharap akan Iahir para wirausaha baru dan para desainer muda dan berbakat yang akan melestarikan dan membawa budaya dan kerajinan daerah Lampung di dunia nasional maupun internasional.

Kegiatan Talkshow Fashion Hijab ini merupakan rangkaian Festival Lampung Syariah (Flash) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung.

Pada kegiatan tersebut juga diumumkan pemenang Lomba Kreasi Busana Muslim Menggunakan Kain Daerah dan Lomba Tutorial Kreasi Hijab.

(sns/adpim)

Sumber : Lampung Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.