5 Fakta Unik Biji Kopi Hitam Arabika dan Robusta Di Dunia

5 Fakta Unik Biji Kopi Hitam Arabika dan Robusta Di Dunia

Seperti halnya keanehan dan keunikan di dunia, ada fakta unik biji kopi yang mungkin banyak orang belum mengenalnya. Segala keunikan tersebut cukup mampu membuat pecinta kopi semakin suka dan yang belum menyukainya akan semakin cinta. Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, nah dengan mengenal keunikannya kita mampu menghargai secangkir kopi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AKL Coffee (@aklkopi) on

  1. Kopi sebenarnya adalah biji dari buah cherry kopi

fakta unik biji kopiApakah kamu tahu fakta unik biji kopi?, Jangan dikira kopi tanaman jenis biji-bijian, ia adalah jenis tanaman berbuah berry warnanya merah setelah matang. Normalnya terdapat dua biji kopi dari 1 buah cherry kopi, dan biji inilah yang kemudian diolah menjadi biji kopi sangrai dan bubuk kopi. Sebagian buah kopi ada yang tidak berisi 2 biji, hanya memiliki 1 biji dan ini dinamakan jenis peaberry / lanang atau kopi jantan.

 

  1. Fakta Unik Biji Kopi Robusta dan Arabika

Biji kopi robusta menghasilkan seduhan kopi yang terasa pahit kuat dan tajam. Kandungan kafein pada kopi robusta sebanyak 1.7% sampai 4%, . Tentunya dengan kadar kafein tersebut, robusta sangat cocok sebagai peningkat alami agar tubuh lebih bertenaga. Hasil panen kopinya sekitar 25% dari jumlah hasil panen kopi di seluruh dunia. Indonesia menjadi penghasil kopi robusta terbesar keempat di dunia saat ini.

Cerita lainnya:  Air Yang Tepat Untuk Seduh Kopimu

Berbeda dengan biji kopi robusta, kopi arabika terasa lebih halus, lembut dan manis dan memiliki kafein yang lebih rendah, sekitar 0.8% sampai 1.4% saja. Karakter rasanya jika dibandingkan antara sumber daerah tanamnya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Sehingga dengan konsumsi kopi Arabika bisa seperti berpetualang keliling dunia rasanya. Fakta menariknya, 75% hasil panen kopi dunia adalah jenis arabika, jauh lebih tinggi dari pada jenis kopi robusta.

 

  1. Butuh sekitar 40 biji kopi untuk membuat “single espresso shot”

Dalam pembuatan espresso dikenal dengan istilah Single Shot, dimana ini merukapan kopi dengan pembuatan ekstraksi mesin bertekanan 13 bar. Biasanya rasio yang digunakan yaitu 1:1 atau 1:2, artinya 1 bubuk kopi dengan 1 atau 2 x airnya. Untuk single shot menggunakan single Basket (58mm) dengan hasil ekstraksi 25-35ml. Kopi espresso sangat dibutuhkan pecinta kopi yang butuh kopi berkarakter kuat dan mampu membangkitkan stamina secara cepat. Seperti asal katanya Espress – Express yang artinya memang cepat, cepat untuk dikonsumsi.

Cerita lainnya:  Dampak Kesehatan Akibat Minum Kopi

 

  1. Satu pohon kopi, hanya cukup untuk menghasilkan 500-1kg biji kopi mentah

Satu pohon kopi umumnya menghasilkan 1.7kg sampai 2.3kg buah cherry kopi dan akan menyusut saat diolah menjadi biji kopi mentah sebanyak 30%. Saat proses roasting atau sangrai, biji kopi mentah akan kembali mengalami penyusutan sebanyak 20%.

 

  1. Peminum 2 cangkir kopi per hari selama setahun, menghabiskan hasil panen kopi dari 18 batang pohon kopi

Dengan minum kopi, kamu bisa membantu meningkatkan perekonomian Para Petani kopi Indonesia dan meningkatkan taraf hidup mereka

Jadi, sudah tau kan fakta si biji kecil penghasil energi ini? Energi untuk harimu juga energi untukperekonomian kita. Selamat ngopi!

Dikutip dan diterjemahkan dari berbagai sumber :

http://en.ilovecoffee.jp/posts/view/196

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.