Metode Coffee Concentrate Untuk Kedai Kopi Kekinian

Metode Coffee Concentrate Untuk Kedai Kopi Kekinian

Di masa ini kita sering melihat kopi kekinian yang banyak dijajakan oleh kedai kopi dalam bentuk minuman es. Menu-menu es kopi yang ditawarkan sangat beragam mulai dari murni kopi hitam, kopi susu aren bahkan ada yang menggunakan Boba di atasnya. Tentunya kita apresiasi maraknya kedai kopi saat ini apabila menu kopi yang dipakai menggunakan kopi bubuk murni bukan instan.

Sudah sejak lama memang harapan pelaku kopi agar konsumsi kopi lokal terus meningkat. Dengan demikian efek baik hasil komoditi yang didapat petani pun tidak bergantung pada kebutuhan ekspor. Selain manfaat di atas, kopi kekinian yang sedang trend apabila menggunakan kopi asli, tentu mengurangi resiko kesehatan pada konsumennya.

Mungkin diantara pembaca saat ini ada yang sedang atau mau memulai bisnis yang penggemarnya semakin meningkat ini. Dibutuhkan kreativitas sesuai kemampuan di dalam berbisnis sehingga tidak terpaku pada satu cara dan menghilangkan semangat untuk memulai. Cara-cara ini bisa juga apabila diantara kamu yang ingin membuat kopi kekinian yang sedang hits ini sendiri di rumah.

Dalam membuat varian kopi kekinian diperlukan konsentrat kopi atau biang kopi yang akan menjadi base sebelum dicampur dengan berbagai bahan. Kami akan membagikan macam-macam pembuatan konsentrat dari alat kopi yang umum dipakai barista sampai yang sangat mudah digunakan.

Yang Perlu Diperhatikan Untuk Membuat Kopi Kekinian Adalah :

  1. Pembuatan biang kopi cair dari bubuk kopi asli
  2. Memiliki timbangan digital untuk menakar
  3. Kopi harus memiliki karakter pahit dan tebal seduhan agar bisa berpadu susu
  4. Gunakan susu cair bisa fullcream ataupun fresh milk
  5. Gunakan pemanis cair bisa Gula putih cair, Aren cair ataupun syrup perasa
  6. Hindari penggunaan bubuk instan karena bisa menggumpal

Konsentrat Kopi Cair dengan Mesin Espresso

Sejatinya es kopi susu yang sebenarnya sudah ada sejak dulu dengan nama Iced Lattee, Iced Capuccino dan lainnya menggunakan base Espresso. Dengan awal base espresso ini bisa digunakan untuk berbagai varian minuman kopi baik panas maupun dingin. Tujuan menggunakan espresso tentunya agar hasil kopi kuat karena terestrak bertekanan tinggi. Kopi yang kuat rasanya akan mendominasi ketika bercampur dengan susu. Sehingga apabila konsumen menikmati menu kopi yang terasa di lidahnya adalah kopi, bukan susu. Walaupun di sana ada Coffee Lattee yang kadar susunya mendominasi, namun tetap rasa kopi tetap kentara.

Cerita lainnya:  Dagang Komersial Melalui Dropship Kopi Kemasan

Cara membuat kopi hitam cair dengan menggunakan mesin espresso bisa kita mulai rasionya mengikuti kapasitas portafilter yang dimiliki. Mesin espresso beragam kapasitasnya, ada yang mengunakan 16g bubuk kopi, ada 20-21g bubuk kopi. Akan tetapi kita perlu gunakan rasio agar bisa menyesuaikan dengan mesin yang dimiliki. Rasionya adalah 1:3, maksudnya 1gram kopi dengan 3g air. Jadi, apabila menggunakan 16gram kopi x 3 = 48ml air.

Mesin espresso kini ada yang manual atau tidak menggunakan listrik, ada yang menggunakan listrik namun sesuaikan saja dengan dengan rasio yang dipakai.

kopi kekinian

Peralatan dan bahan yang disiapkan base kopi espresso :

  1. Mesin Espresso
  2. Grinder
  3. Biji Kopi

Langkah pembuatan kopi dengan mesin espresso

  1. Timbang biji kopi sebanyak 16g
  2. Grinder dan masukkan ke portafilter espresso
  3. Tamping bubuk kopi
  4. Pasangkan porta ke mesin
  5. Tekan tombol espresso dan biarkan ekstrasi airnya sampai 48g

Apabila tidak ingin langsung dipakai, kopi bisa disimpan dengan botol kaca dan didinginkan di lemari pendingin. Biasanya kopi ini masih segar dalam waktu 3hari, namun tetap bisa dipakai maksimal 1 minggu. Konsentrat kopi bisa dipakai sebagai dasaran berbagai varian minuman kopi.

Membuat konsentrat kopi kekinian dengan mokapot

Alat kopi yang familiar digunakan warga italy ini kadang juga disebut espresso maker, karena memang karakter seduhannya yang tebal. Beda dengan mesin espresso sebelumnya, mokapot tidak bisa menghadirkan crema pada ekstraksinya. Hal tersebut sebenarnya tidak masalah, karena pada awal tercipta espresso pun tidak menghadirkan crema di atasnya. Yang terpenting adalah kopi tetap bisa mendominasi dengan bahan minuman lainnya baik itu coklat ataupun susu.

Rasio yang digunakan alat ini 1:7. Tersedia mokapot dalam berbagai ukuran mulai 60ml sampai 350ml. Jadi apabila menggunakan mokapot 120ml : 7 = 17,14g bubuk kopi halus.

Peralatan yang perlu disiapkan pembuatan Kopi Konsentrat

  1. Mokapot
  2. Air
  3. Bubuk kopi
  4. Kompor

Langkah pembuatan biang kopi dengan mokapot

  1. Timbang biji kopi sesuai rasio di atas
  2. Masukkan kopi ke dalam basket mokapot
  3. Masukkan air panas sampai batas valve
  4. Tutup rapat dan taruh atas kompor
  5. Biarkan sampai air terekstrak di atasnya matikan kompor
Cerita lainnya:  Jual Alat Manual Brewing

Air seduh mokapot juga bisa disimpan dalam botol kaca selama 3 hari untuk persiapan varian menu kopi.

Membuat Base Kopi Dengan French Press

Seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya, tujuan pembuatan base kopi adalah sebagai biang kopi cair agar bisa memadukan dengan bahan lain. Sistem seduh french press sejatinya tidak bisa menyamai dengan sistem alat kopi sebelumnya. Namun, ada sedikit triky agar konsentrat kopi hasil french press bisa menyamai kekentalan dan pahitnya seperti dengan alat lain.

Hal pertama yang sangat penting adalah bahan biji kopi yang dipakai, gunakan kopi yang memilki body kuat, dark chocolate taste dan sedikit earthy. Level panggang minimalnya medium to dark oily, bagus juga memakai dark roast apabila mungkin seleranya kurang pas.

Tidak bisa sembarangan memakai biji kopi ini dengan alat French press, agar hasil bisa maksimal. French press tidak memiliki tekanan ekstraksi yang kuat sehingga hasilnya tidak berminyak. Jika memakai beans dark bukan fast roast pun, akan kehilangan taste kopi, bisa-bisa cuma pahit gosong yang dirasakan. Hindari meroasting manual sendiri yang bisa berakibat cacat rasa kopi untuk membuat base kopi ini.

Anda bisa menggunakan kopi robusta premium berikut yang memiliki kekentalan seduhan yang tinggi. Diroast dengan suatu tehnik khusus agar hasil maksimal untuk dipadukan dengan bahan minuman lain. Klik di Sini

Rasio yang digunakan dengan alat ini adalah 1g kopi : 5g air, apabila menggunakan 200g bubuk kopi maka gunakan 1000L air panas

Bahan dan Alat yang diperlukan :

  1. Kopi bubuk
  2. French press
  3. Air panas
  4. Timer

Cara pembuatan biang kopi dengan french press

  1. Timbang bubuk kopi sesuai takaran masukkan ke dalam french press
  2. Didihkan air panas dan tuang ke dalam bubuk kopi
  3. Diamkan selama 30menit, jangan dulu ditekan
  4. Tekan plunger french press agar tersaring bubuk kopi
  5. Tuang air kopi dan simpan ke dalam botol kaca
Cerita lainnya:  Bisnis Kopi Lampung di AKL Store.id

Cairan kopi konsentrat bisa disimpan selama maksimal 1 minggu.

 

Konsentrat Kopi Kekinian Dengan Sistem Coldbrew

Pernah dengar ya espresso literan? nah sebagian kedai kopi kekinian yang belum mempunyai budget kadang membeli ini. Hal ini memang menjadi solusi bagi agar dapat melayani es kopi kekinian menjadi lebih cepat. Kamu tidak perlu membuat base kopi yang memakan waktu, tinggal tuang espresso literan ini ke dalam racikan minuman.

Cara coldbrew juga dianjurkan apabila kamu memiliki stock kopi kemasan yang sudah lama tidak terkonsumsi, tapi maksimal 2 bulan ya. Daripada harus menghabiskan dalam sekejap, atau bahkan terbuang baiknya dijadikan cairan agar bertahan lebih lama.

Konsentrat atau biang kopi cair jenis ini cukup untuk memberikan rasa kopi yang smooth, nyaman dikonsumsi. Akan tetapi jangan mengharap aroma pada cara ini karena sulit untuk didapat. Keuntungannya konsumen akan minum kopi kamu lebih smooth, pahit standar dan nyaman di lambung. Secara ekonomis ini bisa jadi solusi kehilangan modal kopi yang tidak laku.

Rasio yang digunakan untuk cara ini adalah 1g kopi dengan 4g air.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  1. Bubuk kopi kekasaran coarse (garam meja)
  2. Air suhu ruangan
  3. Saringan kain
  4. Wadah jar/botol kaca penyimpanan

Cara pembuatan konsentrat kopi cold brew :

  1. Masukkan bubuk kopi ke dalam wadah yang memiliki tutup rapat.
  2. Siram bubuk kopi sesuai takaran rasio
  3. Tutup rapat dan simpan di kulkas selama 12 jam
  4. Saring bubuk kopi dan simpan konsentrat kopi

Dengan resep coldbrew di atas, kamu bisa membuat base kopi yang cukup kuat. Apabila dirasa kurang untuk mendaptakan pahitnya. Kamu bisa adjust lagi dengan mencoba kopi-kopi yang lain.

Oke, rasanya sudah cukup membagikan membuat konsentrat kopi untuk base kopi kekinian. Berkenaan dengan varian minuman kopi yang kekinian akan dishare pada artikel mendatang. Kamu masih ada yang belum paham tentang alat-alat kopi yang ada di atas, di web ini sudah dijelaskan pada judul artikel yang lain. Silahkan untuk membaca-baca agar dapat dipahami dan jangan lupa untuk dipraktekkan ya. Share pada teman kamu yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.