Tips Membuat Kopi Yang Enak Di Rumah

Tips Membuat Kopi Yang Enak Di Rumah

TIPS KOPI. Pernah gak sih terbenak dalam fikiran kamu, mengapa ya kopi yang ada di kedai-kedai kopi itu enak. Mungkin selain memang suasana kedai yang didesain menarik dan nyaman juga. Selain itu, mereka punya prinsip atau prosedur didalam menggunakan bahan untuk aneka menunya. Tidak bedanya didalam memilih kopi. Tips membuat kopi yang enak harus sejalan dengan prosedur umum sesuai pengalaman. Ada syarat dan metode yang berlaku yang biasa dilakukan para peracik kopi di kedai.

Nah, bagaimana kalau prosedur yang terbaik dari cafe-cafe mahal kamu pakai dirumah?. Dengan ini kamu bisa mendapatkan pengalaman minum kopi menjadi lebih baik. Kamu bisa seperti menghadirkan kopi termahal yang ada di dunia, iya enggak?. Padahal kamu hanya memakai kopi dari AKL Coffee gitu misalnya. Sebagus apapun kopi yang dibuat dari AKL gak akan bisa terhadirkan tanpa tahu tips membuat kopi yang enak.

tips ngopi

 

  1. Beli kopimu dalam bentuk masih berupa biji kopi yang baru di roasting, bukan bubuk.

Tips membuat kopi yang enak ala barista pertama. Seduhan kopi terasa nikmat jika diseduh dari biji kopi fresh roast, yang umurnya tidak lebih dari 1 bulan setelah diroasting. Terjadi aroma yang full keluar pada saat hari ke 14 setelah roasting. Jika kamu memesannya di coffee shop, perhatikan kesegaran biji kopinya. Biji kopi yang baru biasanya berwarna terang dengan minyak yang sedikit (medium roast). Sebaiknya untuk kopi yang ingin disimpan lebih lama dari 3 bulan, pilihlah level medium roast. Di level medium to dark biasanya kopi rentan berminyak yang menyebabkan kopi cepat berbau seperti besi.

Kamu boleh meminta penjelasan pada roaster kapan ini diroasting? atau kamu bisa juga minta fresh roast kepada AKL Coffee. Di sini kamu hanya mendapatkan kopi Arabika Indonesia yang diroasting setelah ada pesanan. Cek di www.aklstore.id produk-produknya ya.

Cerita lainnya:  Proses Kopi Natural Dry Process dan Wet Process

 

  1. Giling sendiri biji kopimu

Tips membuat kopi yang enak selanjutnya adalah grinding kopimu sendiri. Cafe-cafe mahal selalu menyetok biji kopi dalam bentuk whole beans, yaitu biji kopi matang siap giling. Membuat kopi dari biji kopi dan menggilingnya tepat sebelum menyeduh kopi, akan menghasilkan karakter rasa yang berbeda dibanding dengan menyeduh kopi yang sudah menjadi bubuk. Aroma masih full segar, tastenya masih utuh layaknya dari origin daerahnya, dan yang pasti kamu yakin ini kopi bukan campuran.

Grinder kopi yang tersedia di pasaran ada yang sistem conical burr, blade dan burr. Manapun yang kamu pakai, semua grinder ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tips kopi, Jika ingin konsisten kekasan bubuk jangan menggunakan blade. Berat beli grinder kopi yang mahal? pakai saja blender bumbu yang bersih tentunya ya. Gilingan kopi bermata blade mirip seperti blender bumbu masak ibu di rumah.

  1. Tips Kopi! Simpan biji kopi dengan baik!

Selalu simpan biji kopi didalam kemasan kedap udara. Kopi memiliki sifat menyerap daerah sekitarnya sangat kuat. Tanpa ada perlindungan yang baik, bisa sebabkan kopi menyerupai bebauan sekitar. Tips kopi ketiga ini tentunya harus kamu perhatikan ya.

Pernah ada pengalaman seorang pecinta kopi yang membeli langsung ke daerah original. Karena dia sangat ingin mendapatkan kopi yang benar-benar dari tempat daerah tanamnya, ia rela jauh-jauh bepergian dari luar kota. Demikian tersebut karena saat ini maraknya produsen kopi, seringkali mencampur berbagai kopi sehingga mendekati rasa yang diinginkan. Ia membeli kopi saat itu juga dan minta disangrai di tempat. Ia mengkonsumsinya setelah 3 hari. Akan tetapi, rasanya tidak sama seperti saat meminumnya di daerah tempatnya membeli kopi. Setelah dicek, kemasannya sedikit sobek pada bagian bawah packing. Mungkin itulah penyebabnya kopinya tidak sesegar yang ia dapatkan pada awalnya.

Cerita lainnya:  Dampak Kesehatan Akibat Minum Kopi

Kemasan sangat menentukan keutuhan citarasa kopi, setidaknya tebalnya memiliki 80micron. Jika kemasan terlalu tipis, keaslianya aroma dan rasa akan semakin memudar. Karakter awal yang seharusnya bagus menjadi kurang atau bahkan buruk. Tips kopi ini bisa jadi bagian penting untuk produsen kopi ya.

  1. Magic Ratio (Ratio kopi dan air)

Air adalah sumber utama pencipta rasa pada kopi, tanpa takaran yang tepat bisa menghilangkan golden cup seduhan kamu. Idealnya yang simpel 473 ml kopi seduh terbuat dari 1 sendok makan kopi (1 sdm,  ± 13.75g) dan 473 ml air. Jika perbandingan rasio bisa menggunakan 1:12/1:15. 1=air : 15 = bubuk kopi.

Barista profesional biasanya sangat ketat di takaran ketika seduh kopi. Sedikit saja melenceng, taste kopi yang diinginkan tidak keluar pada seduhan. Tapi kamu tidak perlu menjadi seperti barista yang serba rumit dalam seduh kopi, cukup gunakan takaran tips kopi sesuai seleramu.

  1. Perhatikan temperatur/suhu air.

Mendidih tidak mesti 100 derajat loh. Masih banyak diantara pengopi senang memakai suhu 100 derajat lebih. Padahal dengan begitu kopi menjadi terbakar dan terasa gosong getir. Suhu ideal untuk menyeduh kopi diantara 90-96 derajat celcius (195-205 fahrenheit). Trik mudahnya begini, saat merebus air dan suhunya sudah mencapai titik didih, matikan kompor/alat masak dan tunggu selama 45 detik.

Berbeda halnya jika kamu ingin membuat kopi rebus seperti di bawah ini yang menggunakan Kopi Merah, yaitu kopi tubruk yang sudah terbukti nyaman di lambung. Banyak yang awalnya tidak menyukai kopi kemudian menjadi kecanduan sehat dengan kopi merah ini. Kopi merah memang aromanya sangat lembut gak bikin kaget lambung peminumnya, rasanya seperti coklat susu.

  1. Jangan malas membersihkan alat kopi.

Hobi racik kopi pakai alat-alat kopi sederhana di rumah?. Jangan pakai kemudian ditinggal. Kandungan mineral air kadang menempel di sela-sela alat kopi. Butiran halus kopi juga seringkali menghambat sistem ekstrasi kopi secara sempurna. Gunakan sabun cuci piring, lumuri pada alat kopi kemudian bilas dengan air. Jangan mencuci alat kopi dengan deterjen atau alat cuci bekas noda berminyak. Kandungan minyak makanan juga mengurangi sterilnya alat kopi yang kamu pakai.

Cerita lainnya:  Kunci Kesuksesan Dari Bisnis Warung Kopi

Endapan sisa kopi pada alat kopi bisa membuat rasa kopi berubah.Mungkin kamu bisa menemukan aroma-aroma seperti jamur, karat dsbg jika alat yang dipakai tidak bersih. Lagipula alat kopi itu tidak murah yah sayang jika disia-siakan tanpa perawatan yang baik. So, jangan malas bersihkan alat kopi yang sudah kamu pakai setelah menyeduh kopi!

Demikian tips kopi kali ini semoga bermanfaat bagi pecinta kopi nusantara. Pandemi di 2020 ini memang membuat kita harus semakin kreatif di rumah termasuk cara ngopi.  Yuk cari kopi sekarang.

Cari Kopi Yang Kamu Suka

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.