Daftar Menu Resep Kopi Kekinian Yang Ngehits di Kaula Muda

Daftar Menu Resep Kopi Kekinian Yang Ngehits di Kaula Muda

Banyak orang saat ini sedang mencari resep kopi keninian. Apapun latar belakangnya, seperti kamu yang bertemu dengan artikel ini apakah tahu apa itu kopi kekinian?.  mungkinkah itu kopi yang dimodifikasi atau kopi yang memang sudah ada sejak dahulu?. Yapp,, ini sebenarnya menu kopi yang sudah ada sejak dulu seperti bernama capuccino, coffee lattee, mochacino dan sebagainya. Menu-menu kopi dari dunia tersebut bisa dipesan baik dalam bentuk panas maupun dingin.

Perbedaan Kopi Kekinian Dengan Kopi Kedahuluan

Perbedaan dengan kopi kekinian apa dong?, sebenarnya ini Cuma nama dari tren minum kopi di Indonesia yang saat ini kian merebak. Sudah sangat mudah di masa ini menemukan kedai minum kopi di kota-kota besar. Banyak dari kaula muda jika ditanyakan kopi kekinian menunya tidak terlepas dari Kopi Susu.

Resep kopi kekinian biasanya dipadu sesuai dengan selera muda yang suka dengan minuman dingin yang manis. Pernah kan juga ada tren capuccino cincau begitu ya? Nah itu sebenarnya kopi susu dan ditambahkan cincau. Sayangnya tren capuccino cincau masih memakai bahan baku kopi instan, yang sebenarnya kurang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi rutin.

Konsep Kedai Kopi Kekinian

Dalam konsep kedai kopi kekinian, lebih sedikit naik ke kopi premium. Yaitu memakai bahan baku kopi asli yang ditekan atau diekstrak agar ketebalan kopi mampu berpadu dengan susu. Diantara merek-merek franchise yang dikenal kaula muda bisa seperti Kopi kenangan, Kopi Janjijiwa, Kopi Kulo dan masih banyak lagi. Mereka, dalam resep kopi kekinian menggunakan bahan kopi asli berkualitas premium yang biasanya berpadu antara Robusta Lampung dan Arabika. Sebagian besar hanya menggunakan Robusta Lampung saja karena karakter robusta yang semakin enak jika ditambah gula.

Konsep penggunaan kopi asli ini tentu sangat membantu hasil bumi dari kopi para petani. Tren yang kemudian diikuti oleh banyak kedai kopi yang tadinya hanya menggunakan gelas kaca dan konsumsi di tempat, menjadi gelas plastik yang disegel dan bisa dibawa ke mana-mana.

Dengan cara pembelian take away, ternyata mampu mendorong daya beli yang lebih banyak karena minuman bisa dibawa ke mana-mana. Kopi pemilik brand bisa hadir di berbagai view dan ruangan, tidak terpaku pada satu tempat. Terlebih lagi sangat cocok kondisinya seperti yang terjadi di masa pandemi saat ini.

Cerita lainnya:  Dagang Alat Espresso Machine

Kenapa sih Harus Kopi Asli?

Tentunya, yang pertama kopi kualitas premium ini lebih sehat bagi konsumen karena tidak mengandung pengawet.

Yang kedua, kopi asli memberikan stimulus alami dengan efek ketagihan. Siapapun yang sudah mencoba lebih dari 4x minum kopi premium yang diekstrak kuat, akan kembali lagi sinyal otaknya untuk meminta. Diharapkan para pemilik minuman kopi kekinian menggunakan biji kualitas pertama atau kopi petik merah seperti Robusta Lampung Red Cherries AKL Coffee. Tujuannya agar tidak merusak lambung dan kesehatan konsumen.

Karena efek ketagihan kopi espresso atau biang kopi jika tidak dibarengi dengan kualitas biji kopi yang baik, pada jangka panjang bisa berakibat buruk. Jika kamu seorang konsumen aktiv, tanyakan dahulu biji kopi apa yang dipakai. Atau lihat biji kopi yang berada di penampungan grinder jika tidak ada pecah, bulat dan rata artinya memakai setidaknya kualitas premium.

Lalu menu apa saja ini yang biasa dihadirkan dalam resep kopi kekinian?. Pahami juga ya kandungannya supaya kamu tidak salah pilih menu.

Cerita lainnya:  Bagaimana Bisa Bisnis Kopi Timor Leste Menguntungkan?

Berikut daftarnya ;

Menu Cafe Kopi Kekinian Versi Panas

Untuk pemanisnya bisa memakai gula putih, brown sugar bahkan gula aren sudah trend

  • Espresso ;

ini kopi ekstrak yang volumenya sedikit Cuma 60ml tapi rasanya nyelekit

  • Long Black / Americano / Kopi Hitam

Kopi yang cukup buat kamu ngopi tanpa ampas dengan takaran rata-rata 250ml

  • Capuccino

Kopi susu panas berbahan espresso dan susu fresh milk

  • Coffee lattee

Kopi susu panas berbahan setengah espresso dan susu fresh milk lebih banyak dari espresso

  • Mochacino

Kopi susu panas berbahan espresso, fresh milk dan Coklat.

Menu Cafe Kopi Kekinian Versi Dingin

Menu-menu ini yang lebih ngetrend biasanya dalam gelas plastik disegel belum diaduk. Kalau kamu mau mengkonsumsinya harus digoyang-goyang atau dikocok-kocok sendiri biar merata. Saya penulis belum tahu siapa pelopor yang membiarkan racikan minuman dalam gelas plastik tidak rata. Kalau kesan uniknya mungkin supaya layer minuman masih terlihat, hitam dari bawah, agak memutih di atas. Hati-hati ini ya bawa teman okem nyedot langsung tanpa diaduk bisa dia bilang nih kopi atau kolek?. Karena di bawah itu isinya gula merah loh.

  • Es Kopi Susu Biasa

Kopi espresso dengan susu fresh milk yang dibawah layer gelas sudah diberikan gula cair

  • Es Kopi Susu Gula Aren

Nah ini nih kopi yang meledak viralnya. Sebenarnya sih sama seperti iced capuccino hanya saja memakai pemanis aren, yahh alih-alih minuman sehat begitu ya. Bahannya espresso, freshmilk dan gula aren

  • Es Kopi Santan Gula Aren

Wah ini agak menghilang sedikit kekuatan kopinya. Jika karakter kopi masih ingin kuat, kamu bisa memilih produk DARKA dari AKL Coffee. Diroasting di level dark yang tetap memberikan aftertaste manis di tenggorokan, pahit kuat pada aroma dan lidah. Jadi kopi ini tidak sampai mengerutkan dahi konsumen karena tidak terasa getir.

Cerita lainnya:  Jual Alat Seduh Kopi Manual

Apakah Resep Kopi Kekinian bisa tanpa menggunakan mesin espresso?

Inti tujuan menggunakan espresso adalah sebagai biang kopi dari aneka minuman. Apabila bisa dicapai karakter yang diinginkan sesuai target pasar, bisa menggunakan selain mesin espresso. Karakter yang dimaksud rasa kopi tidak hilang karena tertutupi oleh bahan susu dan gula yang kental.

Selain memilih bahan baku kopi fresh yang kuat, ada metode pembuatan biang kopi atau coffee concentrate untuk base berbagai minuman. Kamu bisa baca artikelnya di sini yaa.

Resep rincian menu kopi kekinian yang lainnya bisa dipublish pada artikel mendatang….

Mari Ngopiii

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.