13 Cara Kreatif Pemanfaatan Bubuk Kopi dan Biji Kopi Lama

13 Cara Kreatif Pemanfaatan Bubuk Kopi dan Biji Kopi Lama

Sebagai Penikmat dan Pecinta Kopi, ada dua hal yang pastinya bakal kamu alami. Biji kopi yang udah lama sehingga ga enak lagi buat diseduh dan ampas sisa seduhan kopi. Kebanyakan dari kita mikirnya untuk dibuang aja karena udah ga berguna, padahal sebenarnya hal ini malah akan menambah sampah loh..

Jadi, untuk lebih peduli lingkungan, ayo gunakan sebaik mungkin pemanfaatan bubuk kopi lama, karena ternyata banyak manfaatnya yang bisa kamu dapat, mulai dari kegunaannya untuk kulit, rambut, kebersihan rumah, dan sebagai pupuk alami bagi tanaman di kebunmu.

Dari pada dibuang percuma, berikut ada 13 cara pemanfaatan bubuk kopi sisa seduhan kopi :

  1. Pemanfaatan bubuk kopi Sebagai pupuk untuk pertumbuhan bunga mawar (dan tanaman lainnya)

Bubuk kopi, dari hasil giling biji kopi yang sudah lama, kaya akan Nitrogen, yang dapat membantu kesuburan tanaman bunga mawar.  Bunga Camelia dan Hidrangea juga menyukai bubuk kopi, dan beberapa jenis tanaman seperti Blueberry dan Cranberry juga memanfaatkan Nitrogen untuk pertumbuhan. Cukup gali sedikit lobang disekitar tanaman dan taburkan bubuk kopi. Pemanfaatan bubuk kopi juga mampu menghalau serangan siput. Dengan cara ini kamu akan menjadi Petani yang cinta lingkungan karena telah menggunakan pupuk alami dan tentunya menghemat pengeluaran karena tidak perlu beli pupuk.

pemanfaatan bubuk kopi

 

  1. Untuk dekorasi rumah

Biji-biji kopi yang sudah lama juga bisa dijadikan untuk dekorasi rumah loh. Kamu bisa meletakkannya di dalam gelas, kemudian tambahkan lilin diatasnya. Ketika lilin dinyalakan, aroma kopi akan tersebar ke seluruh ruang, dan ini bisa jadi aroma terapi juga loh. Aroma kopi dipercaya dapat menenangkan pikiran dan baik untuk mengurangi stress dan depresi.

https://www.littlepieceofme.com/diycrafts/coffee-bean-crafts-ideas/
  1. Dibuat jadi Cemilan coklat kopi

Biji kopi yang sudah disimpan lama, lebih dari 3 bulan, memang sudah tidak nikmat untuk diseduh, tapi masih bisa dimakan kok. Dengan menambahkan coklat, kamu bisa bikin kudapan kopi coklat. Caranya mudah banget, cukup lelehkan coklat batang, kemudian campurkan biji kopi ke dalam coklat, dinginkan supaya coklatnya mengeras. Ta da…jadi deh coklat biji kopinya.

Cerita lainnya:  Kesehatan tubuh dengan rutin menikmati kopi setiap hari
https://www.intimateweddings.com/blog/diy-chocolate-covered-coffee-beans/
  1. Bahan tambahan pupuk kompos

Biji kopi lama atau pemanfaatan bubuk kopi sisa seduhan kopi, keduanya sangat baik dijadikan bahan tambahan pupuk kompos. Tambahkan ke olahan pupuk kompos, dan biarkan biji kopi atau bubuk sisa seduhan kopi bereaksi dalam olahan pupuk kompos yang kamu buat. Dengan cara ini kamu sudah ikut berperan dalam menjaga kelestarian alam dan mengurangi sampah.

https://thehill.com/sites/default/files/ca_composting_soil_istock
  1. Sebagai pengusir hama

Sebel kan pas kamu lagi diluar rumah untuk Camping menikmati alam bebas, taunya banyak nyamuk. Tau kah kamu kalau bubuk kopi adalah Pengusir nyamuk dan serangga yang ampuh dan alami. Taburkan bubuk kopi disekitar tenda campingmu. Kamu bisa juga menaburkan di area-area terbuka di sekitar rumah, supaya terhindar dari nyamuk dan serangga lainnya. Pssst…kecoa juga ga suka bubuk kopi loh.. klo di rumahmu banyak kecoa, ada baiknya dari sekarang taburkan bubuk kopi ditempat kecoa muncul.

 

  1. Penghilang bau

Kopi bubuk adalah bahan terbaik untuk menghilangkan bau, khususnya bau-bau tidak sedap di dalam kulkas, seperti bau bawang, bau ikan dan bau-bau lainnya. Untuk menjaga kulkas dirumah dari bau-bau tidak sedap, kamu memerlukan bubuk kopi sisa seduhan yang sebelumnya sudah dikeringkan dengan cara di oven. Saat melakukan proses pengeringan, atur oven pada suhu sedang, agar bubuk kopi tidak mutung. Setelah bubuk kopi benar-benar kering, masukan kedalam kantong kain atau kedalam gelas kecil, dan letakkan di rak kulkas atau di dalam pendingin, di jamin deh, kulkasmu bebas dari bau tidak sedap.

 

  1. Untuk bahan pembersih peralatan dapur

Dirumah ada panci dan kuali yang bagian bawahnya menghitam karena bekas mutung yang menempel dan susah dibersihkan? Dibersihkan dengan bubuk kopi bisa loh. Dengan teksturnya yang kasar, bubuk kopi mampu membersihkan noda mutung pada panci dan kuali.

Cerita lainnya:  Benarkah Guna Kopi Pahit Murni Bagi Kesehatan?
This Photo by Unknown Author is licensed under CC BY-SA

 

  1. Sebagai Scrub/bahan pengelupas untuk kulit

Buat apa beli exfoliant/pengelupas kulit yang mahal jika kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Menggunakan bubuk kopi yang digiling dari biji kopi lama atau ampas sisa seduhan kopi dan ditambahkan minyak kelapa/VCO, ampuh banget untuk proses pengelupasan kulit mati. Oleskan campuran  bubuk kopi dengan vco, usap pelan-pelan dengan gerakan memutar, dan diamkan sampai kering, kemudian bilas dengan air sampai bersih, maka sel-sel kulit mati akan terkelupas dari kulit wajah dan badan.

  1. Mengurangi selulit pada kulit

Masalah kulit lainnya yang bisa diatasi dengan bubuk kopi adalah selulit. Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menstimulasi proses dilatasi (pelebaran) dan mengusapkan bubuk kopi pada kulit yang berselulit akan membuat sirkulasi yang baik untuk sel-sel kulit. Antioksidan yang terkandung dalam kopi juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang baik untuk pertumbuhan sel kulit baru.

  1. Untuk bahan pewarna

Bubuk kopi dan ampasnya juga bisa dijadikan sebagai bahan pewarna alami dan cara membuat pewarna dari pemanfaatan ampas kopi, sangatlah mudah. Rebus bubuk kopi atau ampas kopi dan gunakan hasil rebusannya untuk merendam kain atau pakaian yang mau kamu warnai, selama kurang lebih 1 jam. Jika kamu mau warnanya coklatnya lebih pekat, kamu bisa merendam kain atau pakaiannya lebih lama, semakin lama akan semakin coklat warnanya. Setelah direndam dengan air rebusan kopi, rendam kembali kain dengan larutan cuka selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin, dan keringkan.

 

  1. Penyubur rambut

Kopi bukanlah sekedar minuman berasa unik yang membuat kamu segar di pagi hari, dan menjagamu tetap semangat di sore hari. Faktanya pemanfaatan bubuk kopi juga bisa membantu rambutnya menjadi lebih subur dan kuat. Kandungan kafein pada kopi bermanfaat untuk mencegah rambut rontok dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Buatlah seduhan kopi seperti biasa, kemudian balurkan dari akar rambut sampai ke ujungnya, diamkan selama 10 menit, supaya kafein dalam terserap oleh akar rambut, kemudian bilas rambutmu seperti biasa. Lakukan 1 (satu) kali dalam seminggu, dan rasakan perubahan yang signifikan pada rambutmu.

Cerita lainnya:  Adakah Manfaat Ngopi Tanpa Gula Untuk Resiko Kanker?

 

  1. Pelembut Daging

Mau steak daging atau ayam goreng yang kamu masak menjadi lembut dagingnya? Gunakan kopi untuk memarinasi daging, maka dijamin dagingnya bakal empuk dan lumer saat diolah jadi masakan kesukaanmu. Buat kopi yang kental menggunakan biji kopi yang sudah lama, kemudian rendam daging dan letakkan di dalam lemari pendingin selama 24 jam. Selain dapat daging yang empuk saat barbeque-an di rumah, saat dipanggang daging yang telah dimarinasi dengan kopi juga terasa lebih juicy dan gurih.

 

  1. Media tanam jamur

Kamu penyuka masakan dari Jamur? Selain enak, jamur juga sehat di konsumsi. Mau menanam sendiri jamur kesukaanmu? Yuk manfaatkan biji kopi lama sebagai media tanamnya. Kamu membutuhkan setidaknya 5 kg bubuk kopi dari biji kopi yang sudah lama dan benih jamur yang mau kamu tanam. Masukan bubuk kopi ke dalam polibag dan taburkan benih jamur yang sudah kamu beli. Jamur jenis shitake sangan baik dikembangkan dengan cara ini. Jadi tunggu apalagi, waktunya menanam sendiri jamur kesukaanmu dan nikmati proses tumbuh kembang jamur dan sampai kamu bisa mengolahnya menjadi menu masakan kesukaanmu.

 

Sumber

Created by Fifi AKL Coffee

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.