3 Cara Mencegah Gigi Kuning Karena Kopi

3 Cara Mencegah Gigi Kuning Karena Kopi

Jika kamu khawatir warna gigi kuning karena kopi yang setiap hari mengkonsumsinya, kamu tidak sendirian.

Para peminum kopi dunia sebagiannya mengkhawatirkan ini. Mengurangi konsumsi kopi atau berhenti minum kopi? bukanlah jawaban, karena tentunya kamu tidak akan mau kehilangan ritual penyemangat hari yang selalu kamu tunggu saat pagi datang.

Minum kopi adalah rutinitas yang bagi sebagian besar orang adalah aktifitas memulai pagi.

Cara untuk menghentikan rutinitas ini mungkin cukup sulit, walaupun ada larangan dari Dokter gigi setiap kali kamu konsultasi gigimu. Berikut ada 3 cara yang dapat membantu mengurangi perubahan warna pada gigi tapi tetap ngopi setiap hari.

Tambahkan Susu

Jika kamu adalah peminum kopi hitam, ada baiknya mulai menambahkan susu pada seduhan kopimu. Gigi kuning karena kopi penyebabnya bisa karena kopi hitam. Jadi, dengan menambahkan susu, khususnya susu sapi, akan mengurangi noda kopi yang menempel pada gigi secara signifikan. Dalam susu sapi, atau susu yang berasal dari hewan lainnya, seperti susu kambing. Mengandung protein unik yang mampu mengikat zat polyphenols berwarna yang biasanya menempel dan mengakibatkan perubahan warna pada gigi.

Dengan menambahkan susu, Zat polyphenols akan ikut terbawa langsung ke dalam perut kemudian terpecah oleh protein unik yang terkandung dalam susu. Akan tetapi hanya susu yang berasal dari hewan yang memiliki protein unik ini, susu yang berasal dari tumbuhan seperti susu kedelai, susu almond, susu oath tidak mempunyai protein ini.

Cerita lainnya:  Membuat Kopi Espresso dengan VIetnam Coffee Drip

Jika kamu Peminum kopi dengan susu, kemungkinan besar gigi kuning karena kopi tidak seburuk dengan para peminum kopi hitam. Namun apabila kamu merasa warna gigimu tidak seputih seperti biasanya, ada baiknya ikuti tips ke kedua berikut ini.

Rajin Menyikat Gigi

Kegiatan menyikat gini biasanya kita lakukan di pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Namun jika kamu adalah seorang peminum kopi berat, sebaiknya lakukan menyikat gigi lebih sering. Menyikat gigi sesaat setelah minum kopi dapat menghilangkan zat polyphenols lebih cepat.  Demikian sehingga zat tersebut tidak sempat menempel dan membuat perubahan warna pada gigi.

Jika kamu tidak langsung menyikat gigi setelah minum kopi, maka zat polyphenols akan menempel dan menyebabkan perubahan warna pada gigi. Menyikat gigi setelah minum kopi akan terasa merepotkan saat kamu baru mencoba untuk memulainya.

Apalagi buat kamu yang biasa minum kopi di tempat kerja atau saat bepergian.

Akan tetapi kegiatan menyikat gigi setelah minum kopi akan terasa menjadi rutinitas yang sangat biasa, sama halnya seperti minum kopi seiring waktu berjalan. Supaya kegiatan menyikat gigi semakin menyenangkan, ada baiknya memilih sikat gigi yang nyaman, mudah dibawa kemana saja dan tentunya punya daya pembersih yang bagus.

Cerita lainnya:  Tips 5 Aeropress Nick Hatch

Punya sikat gigi elektrik adalah langkah yang tepat. Sikat gigi elektrik memiliki daya pembersih yang lebih kuat dibanding sikat gigi biasa, dan tentunya membuat kamu lebih mudah saat menyikat gigi.

Ubah cara minum kopimu agar tak terjadi gigi kuning karena kopi

Menambahkan susu hewani dan menyikat gigi sudah kamu lakukan, akan tetapi masih saja warna gigimu berubah, tidak seputih biasanya atau warnanya semakin hari semakin kuning, maka saatnya mencoba untuk mengubah cara kamu minum kopi. Gunakan sedotan untuk minum kopi.

Jika rutinitas minum kopimu selama ini, langsung diminum dari cangkir atau mug, saatnya menambah aksesoris minum kopi untuk menciptakan pengalaman baru.

Dengan minum kopi melalui sedotan, kopi yang kamu minum tidak akan menempel pada permukaan gigi, mulut dan gusi. Gunakanlah sedotan yang ramah lingkungan, bukan sedotan plastik sekali pakai.

Ada banyak pilihan sedotan ramah lingkungan yang bisa kamu pilih, sedotan dari bahan stainless, silikon, kaca atau plastik foodgrade. Sedotan berbahan stainless kurang cocok digunakan untuk minum kopi hangat karena sifatnya yang menyimpan panas, jadi pilihlah yang berbahan kaca, plastik foodgrade atau silikon.

Cerita lainnya:  Resep Kopi Mangga Yang Unik, Mudah Dan Nikmat

Terjadinya perubahan warna gigi pada peminum kopi adalah yang biasa, tidak ada pengaruh kesehatan yang berarti atas perubahan warna gigi tersebut, dampaknya lebih kepada penampilan seseorang. Kamu tidak perlu harus berhenti minum kopi hanya karena warna gigimu, cukup gunakan tips diatas dan lakukan secara rutin, serutin kamu minum kopi. Dengan melakukan tips diatas, maka akan terjadi perubahan yang signifikan pada warna gigimu. Hal terpenting lainnya adalah, selalu periksakan kesehatan mulut dan gigi pada dokter, setidaknya setiap 6 bulan sekali, agar gigi dan mulut selalu sehat, dan tidak mengganggu ritual minum kopi harianmu. Salam Ngopi Sehat!

Pic by nichii

Rewrite by Fifi AKL

Anda bisa membaca ulang artikel ini pada ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.