Cara mengecek nama penerima bantuan UMKM tahap 2 di 2021

Cari Tahu Cara Cek Nama Penerima Bantuan UMKM di Sini

Bantuan UMKM adalah salah satu program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah Republik Indonesia yang ditujukan khusus bagi pegiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Bantuan ini pertama kali disalurkan pada tahun 2020 dengan tujuan untuk membantu para pengusaha UMKM  mengatasi dampak pandemi Covid-19. Di tahun 2020, setiap pegiat UMKM mendapat bantuan sebesar Rp 2.4 juta. BLT ini berupa uang tunai yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Di tahun ini, terjadi perubahan kebijakan yang tentunya mempengaruhi jumlah bantuan yang akan diterima per orangnya. Sebelum cari tahu cara cek nama penerima bantuan UMKM, simak dulu info lebih lengkap mengenai BLT UMKM di tahun 2021.

Sekilas Info Mengenai BLT UMKM 2021 Sebelum Cari Cara Cek Nama Penerima Bantuan UMKM 

Karena keberhasilan program BLT UMKM di tahun 2020, program ini pun banyak disambut oleh para pegiat UMKM. Selain itu, BLT UMKM juga mendapat tanggapan positif dari masyarakat dari berbagai kalangan. Meski perlu peningkatan dari berbagai sisi, BLT UMKM dianggap mampu menyemangati para pengusaha UMKM untuk tetap semangat di tengah pandemi yang tidak menentu. Di tahun 2021, pandemi sayangnya masih berlangsung. 

Dengan adanya BLT UMKM yang berkelanjutan, diharapkan para pengusaha UMKM tetap bisa berpikir kreatif mencari peluang usaha agar kondisi ekonomi masyarakat Indonesia, terutama yang bergerak di sektor industri UMKM bisa tetap aktif dan bangkit. Bagaimanapun juga, keberadaan sektor industri mikro, kecil, dan menengah sangat penting dan menjadi tiang bagi industri besar suatu negara. Di tahun 2021, ada perubahan kebijakan mengenai BLT UMKM. Program yang dikerjakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KEMENKOP UKM) ini jumlah dananya dibatasi, tidak lagi sebesar BLT UMKM di tahun 2020. Di tahun 2021, Bantuan Presiden (Banpres) Produktif ini berkurang separuh dibandingkan tahun 2020. Dari Rp 2.4 juta per individu menjadi Rp 1.2 juta saja. 

Saat ini telah disetujui target penerima BLT UMKM adalah sebanyak 12.8 juta. Untuk syarat penerimanya sendiri adalah UMKM yang telah memiliki izin resmi sebagai badan usaha dan terdaftar di dinas setempat tingkat kabupaten atau kota. Karena dalam penyalurannya Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan dinas kabupaten dan kota. Cara mengecek nama penerima bantuan UMKM pun bisa dilakukan di dinas Kementerian Koperasi dan UKM tingkat kabupaten dan kota setempat. Pegiat UMKM bisa langsung mendatangi kantor dinas yang bersangkutan dan menanyakan kepada pihak yang bertugas mengenai cara mengecek nama penerima UMKM 2021. Dengan mengecek secara langsung, prosesnya akan dibantu oleh pihak yang bertanggung jawab.

Kenali Lembaga Penyalur BLT UMKM dan Cara Cek Nama Penerima Bantuan UMKM 

Selain perubahan jumlah bantuan, hal lain yang juga berbeda dari BLT UMKM tahun 2020 adalah lembaga penyaluran bantuannya. Di tahun 2020, pemerintah bekerja sama dengan 2 bank milik pemerintah yaitu BRI dan BNI. Di tahun 2021 ini lembaga penyalur BLT UMKM ditambah menjadi Bank Mandiri, Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Pos Indonesia. 

Ditambahnya lembaga penyaluran BLT UMKM bertujuan agar dana ini bisa lebih mudah disalurkan dan mencapai target yang telah ditentukan dengan lebih mudah. Namun, meski lembaga penyalurnya ditambah, di tahun 2021 pemerintah memutuskan mengurangi lembaga pengusulnya. Di tahun 2020 ada 5 lembaga pengusul, sementara di tahun 2021 hanya ada 1 yaitu dinas yang membidangi koperasi dan UMKM di tingkat kabupaten dan kota. Diharapkan program ini lebih terpusat di bawah 1 lembaga pengusul saja. 

Cara Cek Nama Penerima Bantuan UMKM di BRI

Cara cek nama penerima UMKM masih sama seperti tahun 2020, bisa dilakukan melalui BRI. Agar tidak perlu repot ke dinas yang berkepentingan, cara cek nama penerima bantuan UMKM tahap 2 bisa dilakukan secara online. Cara cek nama penerima bantuan UMKM di BRI bisa dilakukan dengan cara mengakses eform.bri.co.id/bpum. Mudah dan praktis, para pengusaha UMKM hanya membutuhkan smartphone, tanpa perlu membuang waktu dan tenaga.