Cara daftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan online lengkap dengan cek bantuan BPJS sosial tunai di 2021

Tutorial Cara Daftar Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara daftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan online membuat Anda bisa melakukan registrasi dimanapun. Sebab, prosesnya berbasis online. Cukup melalui ponsel pintar, proses pendaftaran dapat diselesaikan. Selengkapnya mengenai hal tersebut akan dibahas pada bagian berikutnya. 

Prosedur Lengkap Cara Daftar Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Online

Terdapat beberapa step yang harus dipenuhi dalam hal cara daftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan online. Karena berbasis online, seluruh rangkaian prosedurnya cenderung lebih praktis. Pasalnya, calon pendaftar tidak perlu mendatangi kantor cabang BPJS terdekat terlebih dahulu untuk registrasi. 

Hanya melalui ponsel dan koneksi, pendaftaran dapat terselesaikan. Bukan soal pendaftaran saja, tetapi status kepesertaan pun dapat dicek secara online.  Merujuk pada situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, berikut prosedur pendaftaran bantuannya. Yuk, simak selengkapnya untuk mendapatkan informasi secara komprehensif. 

  1. Penuhi Semua Persyaratan 

Cara daftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan online bermula dengan pemenuhan atas semua persyaratan yang telah ditetapkan. Sebagaimana pendaftaran pada umumnya, Anda diharuskan memenuhi seluruh persyaratan yang ada terlebih dahulu. 

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi dalam bantuan BPJS Kesehatan 2021 terbagi menjadi dua klasifikasi. Antara lain, kategori peserta kerja dalam hubungan kerja dan kategori peserta di luar hubungan kerja. Pada setiap kategori, dokumen persyaratan yang harus dipersiapkan berbeda. 

Untuk karyawan dalam hubungan kerja, seperti karyawan dalam perusahaan, diwajibkan untuk melampirkan SIUP, NPWP perusahaan, serta Akta Perdagangan perusahaan. Kemudian, dokumen berikutnya mengenai data pribadi calon pendaftar. Meliputi, KTP, KK, juga pas foto. 

Sementara itu, bagi peserta di luar hubungan kerja, harus ada surat izin usaha dari kelurahan setempat. Setelah itu, harus pula menyertakan KTP, KK, serta pas foto pribadi. Dalam kategori ini, perlu diperhatikan mengenai status pekerja. 

Jika calon pendaftar berstatus sebagai pekerja mandiri, seperti freelance maupun entrepreneur, maka harus membentuk organisasi minimal 10 orang. Hal ini dikarenakan untuk mendaftar program bantuan BPJS Ketenagakerjaan memerlukan sebuah organisasi atau badan usaha. Lebih lanjut, cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 pun dapat dilaksanakan secara online sama sebagaimana pendaftarannya. 

  1. Pastikan Anda Masuk Kriteria yang Ditetapkan 

Terkait cara daftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan online, terdapat kriteria calon penerima yang telah ditetapkan. Kriteria yang ditetapkan, pekerja yang akan mendaftar harus memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta. Otomatis manakala penghasilan di atas ketentuan, kriteria tidak bisa dipenuhi. Sehingga, besar kemungkinannya pengajuan pendaftaran ditolak. 

Pada akhirnya, ketika Anda melakukan cek bantuan BPJS Ketenagakerjaan, statusnya tidak accepted. Berdasarkan hal tersebut, penting sekali untuk memperhatikan kriteria yang ditetapkan. Dalam hal ini, yang menjadi fokus perhatian adalah BPJS Ketenagakerjaan bukan bagaimana cara cek bantuan BPJS Kesehatan maupun perihal bantuan sosial tunai BPJS Kesehatan

  1. Lakukan Proses Pendaftaran Secara Runtut

Apabila syarat serta kriterianya sudah terpenuhi sepenuhnya, langsung saja ikuti metode daftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan online berikut. 

Pertama, buka link resmi pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/bpu. Usai masuk pada situs resmi registrasi, akan muncul kolom-kolom yang harus diisi. Inoutkan semua variabel sesuai dengan instruksi sebagaimana kondisi riil. Kemudian, pilih kolom bertuliskan lanjutkan. Setelah itu, Anda akan diarahkan kembali oleh serangkaian instruksi. Ikuti semua perintah yang ada hingga pendaftaran berstatus selesai dan berhasil. 

  1. Daftarkan Nomor Rekening 

Pendaftaran nomor rekening juga merupakan hal yang diperlukan. Caranya, buka link https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Selanjutnya, login menggunakan akun yang telah terdaftar. Klik menu monitoring iuran. Pilih detail tenaga kerja yang terdapat pada kolom action. Lalu, ikuti semua instruksi berikutnya yang tersedia. 

  1. Cek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

Usai mendaftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan 2021, Anda dapat melakukan pengecekan status kepesertaan. Terdapat beberapa metode yang bisa dipakai. Antara lain, menggunakan aplikasi mobile BPJSTK atau BPJSTKU Personal Service. Kemudian, dapat pula melalui website resmi. Juga bisa dengan mengirim SMS maupun mendatangi kantor cabang secara langsung. Kembali perlu diingat bahwa yang menjadi aspek utama pembahasan di sini adalah BPJS Ketenagakerjaan, bukan cara cek bantuan BPJS Kesehatan 2021