Cara mendapatkan BLT atau bansos lewat rekening BRI untuk bantuan 600 ribu dari BPJS Ketenagakerjaan di 2021

Ketahui Bagaimana Cara Mendapatkan BLT Melalui Bank dan Pihak-Pihak Lainnya

Setiap pelaku UKM harus tahu bagaimana cara mendapatkan BLT. Prosedur tersebut menjadi salah satu prosedur cara mendapatkan bansos secara umum. Sebab bantuan sosial yang diberikan pemerintah banyak jenisnya, bukan hanya BLT saja.

Namun tetap saja Anda harus tahu bagaimana cara dapat bantuan BLT. Akan senang apabila ternyata Anda berhak mendapatkannya namun tidak mendaftar atau mengajukan. Bantuan yang diberikan pun terbilang sangat membantu, mulai dari Rp1.2 juta sampai Rp2.4 juta.

Prosedur Cara Mendapatkan BLT

Sebelum membahas cara dapat BLT, perlu diketahui dulu bagaimana bantuan ini akan cair. Akan langsung cair ke rekening bank-bank yang telah dipilih jika memang pengajuan Anda diterima.

Salah satu bank yang menjadi perantaranya adalah Bank BRI. Banyak informasi tentang cara dapat bantuan BLT di tahun 2021 ini melalui customer service nya langsung. Namun Anda juga bisa mengikuti tahapan-tahapan berikut.

  1. Mengumpulkan Syarat

Hal pertama yang harus dilakukan dalam cara mendapatkan BLT lewat rekening BRI ini adalah mengumpulkan syarat. Apa saja syaratnya ada di ulasan berikutnya, namun yang pasti nantinya Anda akan mengisi formulir di tempat mengajukan bantuan ini.

Sekali lagi disebutkan cara mendapatkan BLT lewat rekening BRI karena cairnya melalui bank ini dan cara mengeceknya nanti juga dari sini. Setelah semua syarat terpenuhi, lanjut ke tahap berikutnya.

  1. Menuju Tempat yang Menerima Pendaftaran

Cara dapat BLT UMKM berikutnya adalah mengetahui di mana saja Anda bisa mengajukan bantuan ini. Beberapa pihak yang menerima pendaftaran Anda adalah koperasi, badan, atau dinas yang membidangi usaha mikro, kecil, dan menengah. Harus skala provinsi.

Pihak-pihak ini nantinya akan meneruskan pengajuan Anda ke kementerian. Jangan memilih yang masih skala kota atau kabupaten, melainkan harus yang provinsi.

  1. Mengisi Formulir

Setelah membawa syarat ke pihak-pihak yang menerima pengajuan Anda, cara dapat bansos berikutnya adalah mengisi formulir. Beberapa data yang harus diisikan antara lain nomor telepon, alamat bidang usaha, nama lengkap, nomor KK, dan NIK sesuai KTP elektronik.

Tahap selanjutnya setelah formulir diisi bisa ditanyakan langsung pada petugas. Untuk mengumpulkan kemana dan apa saja yang kurang.

  1. Memantau Status Penerima

Step atau cara mendapatkan bantuan 600 ribu dari BRI yang terakhir adalah untuk memantau status penerima. Ini dilakukan supaya Anda mengetahui apakah pada akhirnya Anda berhak mendapatkan bantuan BLT ini atau tidak.

Adapun caranya adalah dilakukan secara online. Website yang harus diakses adalah e-form milik Bank BRI dengan link https://eform.bri.co.id/bpum. Setelah membuka website nya, Anda harus memasukan NIK dalam KTP dan klik ‘Next’ atau ‘OK’. Nanti di sana kan ada tketerangan apakah pengajuan Anda sedang di review, sudah di review dan tidak mendapatkan, atau sudah di review dan mendapatkan.

Syarat Dalam Cara Mendapatkan BLT

Ada lima syarat utama yang wajib diketahui selain cara mendapatkan UMKM 2 4 juta di atas. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui dari awal apakah termasuk yang berhak menerimanya atau tidak. Malahan, bisa diketahui pengajuan harus dilakukan atau tidak setelah mengerti apa saja syaratnya.

Syarat yang pertama adalah harus memiliki Kartu Tanda Penduduk. Bukan sekedar KTP, melainkan harus e-KTP. Anda harus merupakan seorang warga negara Indonesia.

Kemudian juga tidak boleh sedang menerima KUR atau Kredit Usaha Rakyat, dari bank atau lembaga mana saja. Penerima BLT ini bukanlah seorang ASN, TNI, POLRI, karyawan BUMN, dan bukan juga karyawan BUMD. Harus memiliki usaha, dan ini dibuktikan dengan surat adanya surat usulan calon penerima BPUM. Harus terlampir juga siapa yang mengusulkan BPUM.

Soal syarat yang terakhir ini mungkin terkesan ribet. Namun sebenarnya tidak jika sebelumnya Anda pernah berkutat dengan bantuan BPUM ini. Untuk Anda yang masih baru, bisa mendapatkan keterangan-keterangan tersebut dalam pendaftaran bantuan BPUM.

Setelah mengetahui apa saja syarat dan bagaimana cara mendapatkan bantuan 600 ribu dari pemerintah secara online, Anda bisa langsung bergegas. Untuk menyiapkan persyaratanya dan kemudian masuk ke tahapannya.